Mengenal Beberapa Ulama Sepuh Yang Masih Hidup

Dengan mugkin kita bisa mengenal beberapa ulama sepuh yang masih hidup sekarang ini, yang dikenal dengan kesolehanya bisa memberikan motivasi untuk kita semakin giat dalam berlomba-lomba menuju kebaikan. Diantara Ulama-ulama sepuh tersebut :


Habib Umar bin Hafid Yaman


Habib Lutfi bin Ali Yahya Pekalongan



Habib Syaikhon Bin Musthofa Al Bahar Jakarta


Habib Ja'far Bin Muhammad Alkaff Kudus


Habib Zain bin Ibrahim bin Sumaith Madinah



Syaikh Muhammad Fadhil Al Jailani Al Hasani



Habib Abu Bakar bin Hasan Alatos Azzabidi Depok



Sayyid Ahmad bin Muhammad alwi Almaliki


KH Abdul Hakam Kholiq Tebuireng Jombang


KH Kholilur Rahman Bangkalan Madura


KH Maimun Zubair Sarang Rembang


KH Sholahuddin Wahid Tebuireng



KH Husain Ilyas Mojokerto


KH Umar Syahid Donorojo Pacitan


KH Sholeh Qosim Sepanjang Sidoarjo


KH Nurul Huda Djazuli Ploso Kediri


Tuan Guru Turmudzi Badruddin Lombok Tengah


KH Mustofa Bisri Rembang


KH Dimyati Rois Kendal Kaliwungu


KH Muhtadi Dimyati Pandeglang Banten


Kyai Ali Umar Pakis Panti  Jember


Habib Bakar Assegaf Gresik


Habib Shoddiq Maron Probolinggo


KH Muhammad Hanif Muslih Mranggen


KH Iddris Hamid Pasuruan


Kyai Maskuri Thoyyib Jenes Ponorogo

Nyai HJ. Azizah Ma'sum Lasem


KH Ali Masyhuri Tulangan Sidoarjo


KH Ali Imron Muhammad Parengan Lamongan


Mbah Munshorif Sendang Duwur Lamongan


KHR Kholil As'ad Syamsul Arifin Situbondo


Gus Muwafiq Combor



Gus Ja'far Gayam Pasuruan

KH.M.Abdul Ghufron Al Bantani
Pengasuh Pondok Pesantren "UNIQ"
                                                         


KH. M. Abdul Ghufron Al-Bantani




















Sebenarnya masih banyak lagi ulama-ulama sepuh lainya yang masih hidup hingga saat ini, tetapi tidak sedikit diantar mereka menutup diri (mastur), mengasingkan diri dari hiruk pikuk dunia, mereka asik dengan Tuhananya tanpa di terganggu oleh tingkah polah keserakan manusia.
Mereka menjalani hidup sebagaimana kebanyakan orang pada umumnya. Sehingga banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya, masyarakat mengenalnya sebagai orang biasa-biasa saja.
Bahkan demi menutupi jati diri mereka dari pandangan manusia, mereka ada yang berprosi menjadi kuli kasar, tukang cari kayu, nelayan yang miskin, pengembala binatang ternak, dan lain-lainya. Bahkan ada yang berprilaku aneh seakan akan sepertinya nulayani syariat padahal sejatinya mereka itu adalah ahli syariat tetapi tidak menampakkanya di hadapan manusia.
Masih banyak lagi hal-hal yang dilakukan oleh golongan orang-orang sholeh yang mastur ini, agar jati diri mereka tidak dikenal dikalagan manusia. mereka orang-orang sholeh yang mastur ini hanya dikenal oleh beberapa kalangan-kalangan tertentu (ulama Khos) yang arrif billah.
Maka tidaklah sedikit yang mengatakan jikalau mereka di atas itu termasuk golongan dari wali-walinNya Allah yang hidup di abad meilenium “wali-wali di zaman modern” atau "wali-walinya Allah yang masih hidup di zaman ini. wa Allahu a’lam bi shawab. Karena wilayah kewalian berada didalam rahasia Allah yang agung.
Menurut suatu ungkapan “tidak bisa mengetahui  wali kecuali wali”. Tetapi yang jelas mereka adalah orang-orang yang sholeh dan juga alim bahkan allamah (sangat alim) ahli zuhud yang wira’i sehingga tidaklah salah jika banyak orang yang mengatakan jika beliau-beliau ini WaliNya Allah.
Semoga rahmat Allah yang abadi yang agung senantiasa tercurah kepada kekasih yang tertinggi yang termulia pemilik wajah yang agung yang cahayanya menyinari masriq hingga magrib dan cahayanya memantul pada tiang-tiang arsy yang agung Sayyidina muhammad waala alihi wa ala alihi wa ashabihil kirom wa ajwazihi wa dzurriyatihi wa ahli baitihi ila yaumiddin, waila auliya illahi wa syuhadai wa sholihina min ahlis samawati wal ardhina birohmatika ya arhamar raahimiina. Amiiinn...........
Wallahu 'alam bi shawab

0 Response to "Mengenal Beberapa Ulama Sepuh Yang Masih Hidup"