SHOLAWAT ULUL AZMI

SATU KALI SHOLAWAT BISA MENGHILANGKAN SIKSA 50 AHLI KUBUR
Diceritakkan bahwa telah datang seorang perempuan kepada Syekh Imam Hasan Al Bashri Ra, maka berkatalah wanita tersebut, “Sesungguhnya anak perempuanku yang masih sangat muda telah meninggal dan aku ingin melihatnya di dalam tidur ku ( bermimpi). Maka aku datang kepadamu ya syekh, agar engkau mengajarkan aku tentang apa yang dapat aku jadikan perantara untuk melihatnya di alam kubur.” Lalu Sang Imam Hasan mengajarkan beberapa amalan kepada si wanita itu, dan diapun akhirnya dapat bermimpi melihat anaknya di alam kubur.
Dalam mimpinya itu, ia melihat anaknya sedang terikat dan
tersiksa oleh para malaikat. Maka diceritakanlah hal itu kepada sang Imam Hasan Al Bashri, dan ia pun bersedih hati karenanya.
Berselang beberapa hari kemudian, Giliran Sang Imam Hasan bermimpi melihat anak wanita tersebut, ternyata dia sedang berada di dalam surga dan di atas kepalanya terdapat mahkota. sampai-sampai Sang Imam Hasan tidak mengenalinya.Lalu si anak itu berkata kepada Sang Imam Hasan, “Hai Imam Hasan, tidakkah engkau mengenaliku? Aku ini adalah anak putri dari perempuan yang pernah datang kepadamu kemarin dan mengatakan begini begitu kepadamu tentang aku.” Maka Berkatalah Imam Hasan kepadanya, “Apa yang menyebabkanmu dalam keadaan seperti yang kulihat ini( dipenuhi kenikmatan), padahal apa yang diceritakan ibumu kemarin tak seperti yang kulihat seperti ini?”
Dia menjawab, “Ini disebabkan karena ada seorang laki-laki lewat di atas kuburan kami, dia membaca shalawat kepada Rasulullah Muhammad SAW satu kali, sedang dalam kuburan kami itu ada lima puluh orang dalam keadaan disiksa oleh para malaikat, Lalu berserulah para malaikat itu : 'Mulai saat ini hilangkanlah siksaan dari mereka itu berkat bacaan shalawat laki-laki ini' Sebab bacaan 1x shalawat seorang laki-laki itulah, mereka mendapatkan ampunan dari Allah Swt, termasuk diriku.”.
Subhanallah...
Betapa satu bacaan shalawat kepada Rasulullah SAW mampu menghilangkan siksa kubur bagi lima puluh orang, apalagi berpuluh-puluh / beratus-ratus / ribuan kali. Padahal laki laki yang baca shalawat tersebut tidak menghadiahkan pahalanya kepada mereka (orang-orang yang sedang disiksa). Tapi inilah bukti kemurahan dan Rahmat Allah bagi siapapun yang mencintai dan mengagungkan Kekasih-Nya Baginda Nabi Muhammad SAW.

:

اللهم صل علی روح سيدنا محمد فی الأرواح وعلی جسده فی الأجساد وعلی قبره فی القبور وعلی اله وصحبه وسلم

Allâhumma sholli ‘alâ rûhi Sayyidinâ Muhammadin fîl arwâhi wa ‘alâ jasadihî fîl ajsâdi wa ‘alâ qobrihî fîl qubûri wa ‘alâ âlihî wa shohbihî wa sallim


Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada ruh Nabi Muhammad saw, diantara semua ruh, kepada jasadnya diantara semua jasad, kepada kuburnya diantara semua kubur, dan limpahkanlah pula rahmat dan keselamatan kepada keluarganya dan sahabatnya.


۞اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ۞

Sumber: Kitab Mukasyafatul Qulub.
Bab VII. hal 39,
karya Al Imam Ghazali Ra
SHOLAWAT ULUL AZMI
Shalawat Ulul ‘Azmi adalah shalawat yang disusun oleh Imam Abu Abdillah Muhammad Ibn Sulaiman Al-Jazuli, pengarang kitab Dalailul Khairat. Shalawat ini disebut Shalawat Ulul ‘Azmi karena di dalam redaksinya terdapat nam-nama para nabi yang bergelar ulul ‘azmi, yaitu Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa dan Nabi Muhammad Saw.
Dalam kitab Afdhalus Shalawat ‘ala Sayyidis Sadat, Syaikh Yusuf bin Ismail An-Nabhani menyebutkan bahwa keutamaan membaca salawat ini sebanyak tiga kali pahalanya sama seperti membaca kitab Dalailul Khairat. Hal ini sebagaimana telah dikatakan oleh Imam Aljazuli berikut;
مَنْ قَرَأَهَا ثَلاَثَ مَرَّاتٍ فَكَأَنَّمَا خَتَمَ الْكِتَابَ يَعْنِي دَلاَئِلَ الْخَيْرَاتِ
“Siapa saja yang membaca Shalawat Ulul ‘Azmi sebanyak tiga kali, seakan-akan ia mendapat pahala mengkhatamkan kitab Dalailul Khairat.”
Lafadz Shalawat Ulul ‘Azmi sebagai berikut;
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآدَمَ وَنُوْحٍ وَإِبْرَاهِيْمَ وَمُوْسَى وَعِيْسَى وَمَا بَيْنَهُمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالْمُرْسَلِيْنَ  صَلَوَاتُ اللهِ وَسَلاَمُهُ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ.
Allahumma sholli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina muhammadin wa adama wa nuhin wa ibrohima wa musa wa ‘isa wama bainahum minan nabiyyina wal mursalina sholawatullahi wa salamuhu ‘alaihim ajma’ina.
“Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa dan seluruh nabi dan rasul di antara mereka. Semoga rahmat dan salam Allah selalu tercurah kepada mereka semua.”
Semoga bermanfaat
https://terashikmah47.blogspot.com

0 Response to "SHOLAWAT ULUL AZMI"