MEMBUKA GUDANG HARTA KARUN
MEMBUKA GUDANG HARTA QORUN saya ambil AZIMAH ini dalam kitab terjemahan syumusul Anwar dibagian :
“BAB KETUJUH”
[في فتح الكنوز]
Fī Fatḥ al-Kunūz
“MEMBAHAS CARA MEMBUKA HARTA KARUN”
Ini adalah sebuah ‘azīmah yang kuat, yang dengannya dapat dibuka setiap harta karun yang terkunci. Bebatuan yang tersusun dan puncak-puncak gunung di gerbang harta karun serta kuil-kuil bawah tanah yang di dalamnya tersimpan kekayaan para raja dan penguasa zaman jahiliah akan terbuka.
Cara mengamalkannya adalah dengan berkhidmah (mengamalkan secara rutin) ‘azīmah ini di tanah lapang selama beberapa hari. Apabila telah mencapai dua puluh satu hari, akan muncul di hadapanmu seorang hamba berkulit hitam, bertubuh tinggi, dan berkepala besar, menunggangi seekor kuda dan di tangannya ada seekor singa yang besar. Ia akan berbicara kepadamu, namun jangan engkau jawab. Kemudian, setelah tiga puluh lima hari, akan muncul sesosok makhluk yang wajahnya seperti anjing namun badannya seperti manusia. Ia akan mengucapkan salam kepadamu, jangan engkau jawab. Maka ia akan pergi darimu.
Lalu pada hari keempat puluh dua, akan muncul di hadapanmu tujuh puluh lelaki berpakaian hijau. Mereka akan mengucapkan salam kepadamu, maka balaslah salam mereka. Mereka akan bertanya, “Hajat apa yang engkau inginkan dari kami?” Katakanlah kepada mereka, “Aku memohon kepada Allah, kemudian kepada kalian, agar mempertemukanku dengan pemimpin kalian, sang khalifah Damriyāṭ al-Ṣandīd yang bergelar al-Ṭāwūs.” Mereka akan menjawab, “Baik,” lalu pergi darimu.
Pada hari yang menggenapi empat puluh tujuh, akan tampak di hadapanmu, wahai sang pencari yang mengamalkan Asma ini, sebuah kota putih yang di dalamnya terdapat bala tentara kuda dan pemanah yang sangat besar, memenuhi daratan dan pegunungan, dan hiruk pikuk mereka membahana di segenap ufuk. Kemudian, akan dipasang kemah-kemah di gerbang kota itu. Yang pertama kali dipasang adalah sebuah kubah hijau dari sutra hijau, yang di puncaknya terdapat permata yāqūt merah yang bersinar laksana lentera. Di dalam kubah itu akan diletakkan sebuah kursi dari emas bertabur mutiara dan yāqūt.
Pada saat itulah, engkau akan melihat sepasukan tentara turun, pakaian mereka serba putih. Di antara mereka terdapat sang Imam yang bernama al-Ṭāwūs. Ia mengenakan pakaian yang sinarnya nyaris membutakan mata. Di atas kepalanya ada para ruhani, imam dari golongan jin mukmin, dan hakim yang menguasai para ‘ifrīt dan penjaga harta karun. Di bawah komandonya ada tujuh puluh panglima, setiap panglima memiliki panji, dan di bawah setiap panji terdapat tujuh puluh ribu pasukan berkuda dan tujuh puluh ribu pasukan pemanah. Mereka tidak pernah membangkang kepada para a‘wān (pembantu) dari golongan jin sekejap mata pun. “...dan mereka mengerjakan apa yang diperintahkan.”
Kemudian, ia akan membalas salammu dan berkata, “Wahai tuan yang membaca ‘azīmah kami, yang memuji saudara-saudara kami, yang mengucapkan salam kepada pasukan kami, yang menyendiri dalam khalwah meninggalkan keramaian untuk berkumpul bersama kami, yang mendambakan keajaiban-keajaiban kami dan mencari rahasia-rahasia kami. Maka, bagimu hidangan anugerah kami dan keindahan cahaya kekuasaan kami. Engkau akan menyandang sebilah pedang dari pertolongan kami, yang dengannya engkau akan berkuasa di empat penjuru mata angin atas setiap harta karun dan kekayaan yang berada di bawah kekuasaan kami. Maka, kami mendengar dan patuh. Perintahkanlah kami apa saja yang engkau kehendaki.” Maka engkau berkata—setelah mempersembahkan bukhūr di hadapannya, yaitu lubbān żakar (kemenyan Arab), ṣandal aḥmar (cendana merah), dan sunṭ yang dalam ilmu hikmah disebut al-riyābah. Apabila sang Raja telah diberi bukhūr dengan wewangian tersebut, engkau berkata, “Wahai Raja al-Ṭāwūs, semoga kebaikan tercurah darimu. Rahasia dalam membelah bebatuan, membuka gua-gua dan kuil-kuil, serta segala yang kuminta...”
Maka, ia akan memanggil para pemimpin di lingkarannya, dan mereka pun akan berkumpul di hadapannya. Janganlah engkau beranjak, karena mereka akan menghirup wangi bukhūr itu, yang mana ia adalah hidangan dan hadiah teragung bagi mereka. Apabila asap telah berhenti, ia akan menyampaikan kepada mereka perkataan yang engkau sampaikan kepadanya. Lalu, Raja Ṭāwūs akan memerintahkan menterinya, seraya berkata, “Wahai sekalian golongan jin dan ‘ifrīt, Ṭāwūs telah memerintahkan kalian untuk membuka bebatuan, harta karun yang dirajah (segel), dan gerbang-gerbang kuil dari kaum mana pun juga untuk manusia ini, sang pengamal ‘Azīmah Agung, Fulan.”
(Lalu menteri itu akan berpaling) kepadamu, wahai sang pencari, dan berkata, “Setiap kali ‘azīmah kami dibacakan, maka laksanakanlah apa yang kalian diperintahkan.” Maka mereka semua serentak berkata, “Kami mendengar dan patuh pada apa yang diperintahkan.” Kemudian, kumpulan itu akan bubar dalam waktu yang lebih cepat dari sekejap mata.
Keluarlah engkau dari khalwah itu dengan hati yang gembira dan sukacita atas anugerah yang telah Allah limpahkan kepadamu. Kapan pun engkau mendatangi sebuah harta karun dan ingin agar ia terbelah untukmu, atau sebuah batu besar atau yang lainnya, dan engkau ingin memasukinya, maka bacalah ‘Azīmah ini sekali seraya membakar bukhūr yang telah disiapkan untuk khidmah. Niscaya engkau akan mendengar seolah-olah gunung telah terbelah, kemudian engkau akan mendengar suara pintu berderak dahsyat laksana guntur yang menyambar, lalu gerbang itu pun akan terbuka. Ambillah darinya apa yang engkau kehendaki, engkau dan siapa pun yang bersamamu, bahkan jika tujuh puluh satu orang masuk bersamamu, pintu itu tidak akan tertutup bagi mereka. Angkatlah apa yang engkau inginkan. Kemudian, bacalah ‘Azīmah sekali lagi dan lepaskan asap bukhūr. Engkau akan melihat sebuah bayangan. Maka angkatlah bukhūr itu tanpa melemparkannya ke dalam api. (Adapun sisa bukhūr) yang telah ditumbuk, lemparkanlah di depan pintu saat hendak keluar, niscaya ia akan terbelah.
[( والعزيمة )]
wal-‘Azīmah
“(Inilah ‘Azīmahnya)”
أَقْسَمْتُ بِالْأَسْمَاءِ السُّرْيَانِيَّةِ عَلَى قَبَائِلِ الْجِنِّ وَعُمَّارِ الْمَكَانِ، الَّذِي خَلَقَ فَسَوَّىٰ، وَالَّذِي قَدَّرَ فَهَدَىٰ، وَالَّذِي أَخْرَجَ الْمَرْعَىٰ، فَجَعَلَهُ غُثَاءً أَحْوَىٰ. أَنْ يَحْضُرُوا بَيْنَ يَدَيَّ بِالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ، وَيَنْهَضُوا إِلَى مَا أَمَرْتُهُمْ بِالْقُوَّةِ وَالِاسْتِطَاعَةِ، وَيَفْتَحُوا هَٰذَا الْكَنْزَ. أَيْنَ سَوَارِدُ وَعَرُودُ؟ أَيْنَ صَاحِبُ جَبَلِ الدُّخَانِ الرَّاكِبُ عَلَى الْفِيلِ الْمُتَعَمِّمُ بِالثُّعْبَانِ؟ أَيْنَ دَرْدَيَائِيلُ الْعِفْرِيتُ الْهَارِبُ مِنَ الْقُمْقُمِ السُّلَيْمَانِيِّ؟ فَبِحَقِّ مَنْ عَلِمَ مِنَ الْعِلْمِ الْمَكْنُونِ وَالسِّرِّ الْمَصُونِ آصَفُ بْنُ بَرْخِيَا وَزِيرُ نَبِيِّ اللهِ سُلَيْمَانَ بْنِ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَامُ. أَقْبِلْ يَا رُودْيَائِيلُ وَاحْضُرْ مَجْلِسِي هَٰذَا. أَيْنَ مَا يُعْرَفُ مِنْكَ مِنَ الْقُوَّةِ وَالشَّجَاعَةِ وَالْبَطْشِ وَالِاسْتِطَاعَةِ؟ اِفْتَحْ هَٰذَا الصَّخْرَ بِحَقِّ فَالِقِ الْبَحْرِ وَالْحَبِّ وَالنَّوَىٰ، الَّذِي يُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَيُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ، ذَٰلِكُمُ اللهُ فَأَنَّىٰ تُؤْفَكُونَ. فَالِقِ الْإِصْبَاحِ... إِلَى الْعَلِيمِ. أَيْنَ زَوْبَعَةُ الرِّيَاحِ؟ أَيْنَ دَهْمُوشُ الْعِفْرِيتُ قَائِدُ الرُّوحَانِيَّةِ؟ أَيْنَ سَمْطِيلُ صَاحِبُ الْحُسْنِ الْبَاهِرِ؟ أَيْنَ مَيْمُونُ الرُّوحَانِيَّةِ؟ أَيْنَ الْيَاقُوتَةُ بِنْتُ الْمَلِكِ الْأَكْبَرِ؟ أَيْنَ الزَّاهِدُ الْعَابِدُ السَّاجِدُ أَبُو حَامِدٍ الْهِنْدِيُّ ابْنُ شَنْطُونَ الْعَلَّامَةُ صَاحِبُ اللِّوَاءِ الْأَسْوَدِ وَالْأَصْلِ الْمَسْجَدِ؟ أَيْنَ تَبْدَرُونَ الرُّوحَانِيُّ صَاحِبُ اللِّبَاسِ الْأَحْمَرِ وَالتَّاجِ الْأَحْمَرِ الرَّاكِبُ عَلَى الرَّمَكَةِ الشَّهْبَاءِ الْمُوَكَّلُ عَلَى خَزَائِنِ الْأَرْضِ؟ أَيْنَ شَمْعُونُ وَجُنُودُهُ؟ أَيْنَ الْمُلُوكُ الْأَرْضِيَّةُ السَّبْعَةُ: مَذْهَبٌ وَمُرَّةُ وَالْأَحْمَرُ وَبُرْقَانُ وَشَمْهُورَشُ وَالْأَبْيَضُ وَمَيْمُونُ؟ اُحْضُرْ يَا مَذْهَبُ بِحَقِّ الْمَلِكِ الْغَالِبِ عَلَيْكَ أَمْرُهُ جِبْرَائِيلُ وَبِحَقِّ سَامٍ سَامٍ. وَاسْمَعْ يَا أَحْمَرُ بِحَقِّ الْمَلِكِ الْغَالِبِ عَلَيْكَ سَمْسَمَائِيلُ وَصَرْفِيَائِيلُ بِحَقِّ دَمْلِيخٍ دَمْلِيخٍ. وَافْعَلْ مَا أُمِرْتَ يَا بُرْقَانُ بِحَقِّ الْمَلِكِ الْغَالِبِ عَلَيْكَ مِيكَائِيلُ وَبِحَقِّ دَرْدَمِيشٍ دَرْدَمِيشٍ. وَأْمُرْ أَهْلَ طَاعَتِكَ يَا أَبْيَضُ بِحَقِّ الْمَلِكِ الْغَالِبِ عَلَيْكَ عَنْيَائِيلُ وَبِحَقِّ سُبُّوحٌ قُدُّوسٌ رَبُّ الْمَلَائِكَةِ وَالرُّوحِ. تَقَدَّمْ بِالْجُيُوشِ إِلَى الطَّاعَةِ يَا مَيْمُونُ بِحَقِّ الْمَلِكِ الْغَالِبِ عَلَيْكَ كَسْفِيَائِيلُ صَاحِبِ الْفَلَكِ السَّابِعِ الْمُوَكَّلِ عَلَى دَوْرَةِ زُحَلَ وَبِحَقِّ أَوْلَى أَوْلَى. أَيْنَ الْأَجْنَادُ الْقَوِيَّةُ؟ أَيْنَ بَنُو غَيْلَانَ سُكَّانُ الْكُهُوفِ وَالْخَنَادِقِ وَالْفَاضِلُونَ مِنْ أَرْهَاطِ الْجِنِّ الْعُبُودِيَّةِ لَكَ الْخَالِقِ؟ أَيْنَ شَمْسُ الْقَوَامِدِ بِنْتُ ذَٰلِكَ الْأَبْيَضِ؟ أَيْنَ فَاطِمَةُ السَّحَابِيَّةُ الَّتِي لِبَاسُهَا أَحْمَرُ وَتَحْتَ طَاعَتِهَا سَبْعُونَ أَلْفَ جَيْشٍ؟ أَيْنَ دَرُومُ؟ أَيْنَ عَصَّابُ بْنُ الشَّمَالِقَةِ؟ أَيْنَ أَوْلَادُ الْأَحْمَرِ السَّاكِنُونَ الْمِيَاهَ؟ أَيْنَ بَنُو الْقَمَاقِمِ سُكَّانُ الْجِبَالِ وَالْعُيُونِ الْغَائِرَةِ؟ أَيْنَ أَوْلَادُ الْأَبْيَضِ؟ أَيْنَ أَوْلَادُ مَيْمُونٍ؟ أَيْنَ سُكَّانُ الدُّيُورِ بَنُو الْعَمَّانِ؟ أَيْنَ سُكَّانُ الْمَزَابِلِ؟ أَيْنَ أَهْلُ الزَّوَابِعِ وَالتَّوَابِعِ وَبَنُو قَيْمَانَ؟ أَيْنَ بَنُو قَيْشَانَ أَوْلَادُ الْحَرْثِ؟ dst....
mohon maaf aziamh terlalu panjang terdiri dari 3 lembar. bab membuka harta karun ini sengaja saya terjemahkan dari kitab syumusul anwar guna menambah wawasan keilmuan saudara kurang lebihnya mohon maaf .. 🙏
0 Response to "MEMBUKA GUDANG HARTA KARUN"
Posting Komentar